Penyakit Mata Ikan

Penyakit mata ikan adalah kelainan pada kulit manusia yang menurut istilah medis disebut Clavus/Plantar Wart. Penyakit yang sering menyerang pada kaki, terkadang juga ada di tangan dan jari jemari.

Salah satu tanda munculnya penyakit mata ikan adalah penebalan kulit karena tekanan atau gesekan benda keras. Selain itu kulit yang sama berada di tempat lembab sehingga menjadi keras atau disebut sebagai keratinous plug.

Pada awalnya penebalan kulit ini berfungsi untuk melindungi kulit, namun jika bertambah luas akan mengakibatkan radang atau nyeri. Mata ikan menonjol ke dalam dan sesuai nama memiliki inti di tengahnya yang mirip dengan mata ikan yang bening dan sakit jika disentuh. Jika kondisi menjadi parah, maka akan timbul ulkus atau borok. Mata ikan umumnya muncul di bagian telapak kaki, di daerah tumit.

Penyakit mata ikan disebabkan oleh virus human papilomavirus (HPV). Virus HPV ada dua jenis yakni HPV-1 dan HPV-2. HPV-1 menyerang pada kaki, HPV-2 menyerang pada tangan. Penyebab lain daripada mata ikan adalah adanya tekanan yang berlebihan dan berkesinambungan pada daerah tertentu pada kulit.

Penyakit mata ikan harus cepat diobati karena jika mengalami borok akan terjadi infeksi.

Sumber:
http://ridwanaz.com/kesehatan/mengenal-penyakit-mata-ikan-dan-penyebabnya/

http://herbaten.com/ (Toko Herbal Berkualitas Harga Murah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: