Manfaat Jamur

Jamur merupakan tumbuhan heteretif yang mempunyai rasa lezat jika dimasak dengan cara yang tepat. Jamur mengandung mengandung vitamin D dan vitamin B yang sangat bagus untuk tubuh.

Jamur memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Sumber vitamin D
Vitamin D biasanya tersedia dari sinar matahari di pagi hari. Ternyata jamur merupakan satu-satunya sumber makanan yang kaya akan vitamin D. Jamur memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari seperti halnya manusia. Jamur yang terkena sinar ultraviolet B yang mengarahkan dan melakukan pembentukan vitamin D jumlah tinggi dalam tubuh jamur.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Jamur kancing putih sangat terkenal khasiatnya dalam mendukung fungsi kekebalan tubuh. Asupan jamur kancing meningkatkan produksi antivirus dan zat penting lainnya yang memperbaiki sel-sel dalam tubuh. Selain memperbaiki sel, jamur juga membentuk sel berupa sistem pertahanan di dalam tubuh sehingga tidak mudah terserang oleh mikroba asing.

3. Menyediakan antioksidan
Tidak hanya pada sayuran hijau saja, antioksidan juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi jamur walaupun jamur tidak mempunyai warna hijau. Antioksidan sangat penting dan dibutuhkan manusia untuk menghindari oksidasi dalam tubuh.

4. Meningkatkan metabolisme
Metabolisme merupakan fungsi yang sangat penting pada makhluk hidup. Metabolisme tidak sehat akan menimbulkan berbagai masalah misalnya saja obesitas. Vitamin B sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme. Jamur mengandung vitamin B penting yang mengubah makanan menjadi glukosa dalam tubuh yang dibutuhkan dalam menghasilkan energi. Adalah vitamin B2 dan vitamin B3 yang terkandung pada jamur.

5. Mengurangi diabetes
Jamur adalah makanan yang rendah energi. Jemar banyak mengandung mineral, protein, vitamin, serat dan sama sekali tidak terdapat lemak atau kolesterol. Jamur juga mengandung insulin alami yang mempermudah dalam pemecahan gula dalam melawan diabetes.

Selain itu manfaat lain dari jamur adalah hanya sayuran dan sumber diketahui kedua (setelah minyak hati ikan cod) untuk mengandung vitamin-D dalam bentuk dimakan. Jamur kaya akan kalsium (baik untuk tulang), besi (manfaat pada anemia), kalium (sangat baik untuk menurunkan tekanan darah), tembaga (anti bakteri) dan selenium (sangat baik untuk kesehatan tulang, gigi, rambut kuku, dan sebagai anti oksidan).

Sumber: http://www.ngikik.com/6-manfaat-jamur-untuk-kesehatan.html

http://fakta7.blogspot.com/2011/06/5-manfaat-menakjubkan-jamur-bagi.html?m=1

http://herbaten.com/ (Toko Herbal Berkualitas Harga Murah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: