Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA adalah penyakit infeksi akut yang mencakup organ saluran pernapasan, hidung, sinus, faring dan laring. Penyakit ISPA disebabkan oleh virus dan bakteri namun kebanyakan yang menyebabkan penyakit ISPA adalah virus Rhino. Sedangkan 15% dari faring yang terinfeksi secara akut disebabkan oleh bakteri bernama Streptococcus, ISPA pun dapat disebabkan oleh jamur.

Tanda-tanda dan gejala penyakit ISPA adalah badan pegal, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, demam ringan, beringus, tekanan di muka dan sering bersin. Penyakit ISPA berlangsung selama 7-10 hari yang diikuti dengan gejala leher sakit, terasa sakit ketika menelan, demam tanpa hidung beringus dan batuk serta suara berubah.

Seseorang yang terjangkit penyakit ISPA, maka si penderita harus mengontrol pemberian antibiotik. Hal ini dilakukan untuk mencegah bertambahnya jumlah resisten terhadap obat. Bahkan pada penderita ISPA yang diakibatkan oleh virus tidak diizinkan untuk menggunakan antibiotik karena antibiotik tidak bisa melawan virus. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan medis yang tepat agar penderita bisa diselamatkan.

Untuk mencegah penyakit ISPA antara lain dengan memberikan gizi yang cukup kepada anak atau dapat juga dengan melakukan imunisasi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Sumber: http://macammacampenyakit.com/penyakit-ispa/
http://www.kesehatan123.com/
http://herbaten.com/ (Toko Herbal Berkualitas Harga Murah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: