Bahaya Pewarna Makanan

Makanan yang berwarna-warni memang sangat menarik perhatian untuk dimakan, terutama bagi anak-anak. Semakin mencolok warna pada makanan, semakin tertarik untuk dimakan. Namun sayangnya, saat ini pewarna pada makanan tidak lagi menggunakan bahan alami, seperti daun suji untuk warna hijau dan kunyit untuk warna kuning/orange. Pewarna alami adalah zat warna alami (pigmen) yang diperoleh dari tumbuhan, hewan, atau dari sumber-sumber mineral. Zat warna ini telah digunakan sejak dulu dan umumnya dianggap lebih aman daripada zat warna sintetis.

Para produsen makanan yang nakal biasanya menggunakan pewarna instan, seperti menggunakan pewarna tekstil yang sangat tidak disarankan untuk konsumsi. Pewarna makanan adalah salah satu aditif yang paling banyak digunakan dan berbahaya.

Berikut adalah beberapa pewarna makanan yang paling umum digunakan saat ini, menurut Food Network Freedom:

Pewarna Makanan Biru (Brilliant Blue)

Sebuah penelitian yang tidak dipublikasikan menunjukkan kemungkinan bahwa Blue 1 menyebabkan tumor ginjal pada tikus. Pewarna ini biasanya digunakan pada: Baked, minuman,permen, sereal, obat-obatan, dan produk lainnya.

Pewarna Makanan Biru (Indigo Carmine)

Menurut penelitian Penyebab Masalah signifikan secara statistik dari tumor, khususnya glioma otak, pada tikus jantan. Pewarna ini biasanya digunakan pada: minuman berwarna, permen, makanan hewan, & makanan lain dan obat-obatan.

Pewarna Makanan Merah Citrus

Ini racun bagi tikus pada kadar sederhana dan menimbulkan tumor kandung kemih dan sangat mungkin juga pada organ lainnya. Pewarna ini biasanya digunakan pada: Kulit jeruk Florida.

Pewarna Makanan Hijau

Jenis pewarna ini memicu peningkatan yang signifikan dalam tumor kandung kemih dan tumor testis pada tikus jantan. Pewarna ini biasanya digunakan pada: Obat, produk perawatan pribadi, produk kosmetik kecuali di kosmetik daerah mata, permen, minuman, es krim, sorbet, pil, lipstik, dan kosmetik eksternal.

Maka dari itu kita harus selalu waspada dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang akan kita makan, terutama pada anak sekolah yang sering jajan sembarangan di sekolah. Untuk anak-anak, lebih baik orangtua selalu menyiapkan sarapan atau bekal sekolah, agar makanan yang dimakan anak tetap terkontrol kesehatan, kebersihan dan kandungan gizinya.

Sumber: http://tipsehatcantikalami.blogspot.com/2012/11/bahaya-pewarna-makanan-beracun-bagi.html
http://informasisehat.wordpress.com/
http://herbaten.com/ (Toko Herbal Berkualitas Harga Murah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: