Insomnia

Begadang dan insomnia merupakan hal yang berbeda. Begadang diakibatkan karena belum bisa untuk tidur sebab ada pekerjaan yang belum terselesaikan, asik menonton TV, ataupun fikiran yang disebabkan sedang adanya masalah.
Sedangkan insomnia sendiri didefinisikan sebagai keluhan subjektif yang berkenaan dengan kesulitan tidur, yang meliputi: cara memulai atau permulaan tidur, durasi (lama) tidur, penggabungan proses tidur, kualitas tidur, kesempatan tidur, yang mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Insomnia dapat sementara (transient) biasanya berkaitan dengan stres, penyakit, kelainan tertentu, bepergian, atau insomnia yang menahun (chronic) biasanya terjadi di malam hari selama lebih dari 6 bulan.

Menurut The International Classification of Sleep Disorders, 2nd Edition (ICSD-2), kriteria diagnosis insomnia adalah sebagai berikut:

A. Sulit untuk memulai tidur, sulit untuk memelihara (tetap) tidur, atau terbangun (dari tidur) terlalu cepat/segera, atau tidur yang tidak menyegarkan dan berlangsung menahun, atau kualitas tidur buruk.

B. Kesulitan tidur di atas terjadi meskipun ada banyak peluang/kesempatan untuk cukup tidur dan keadaan memungkinkan untuk tidur.

C. Setidaknya satu dari berbagai gangguan tidur di malam hari berikut ini dilaporkan penderita:
1. Lelah atau rasa tak enak di badan;

2. Gangguan perhatian, konsentrasi, atau memori;

3. Gangguan fungsi sosial, pekerjaan, atau prestasi di sekolah menurun;

4. Gangguan mood atau mudah marah/tersinggung;

5. Merasa mengantuk atau mudah mengantuk seharian penuh;

6. Berkurangnya atau menurunnya motivasi, energi, atau inisiatif;

7. Kecenderungan untuk melakukan kesalahan atau kecelakaan saat bekerja atau mengemudikan kendaraan;

8. Gejala-gejala sakit kepala, gangguan usus-saluran cerna, tegang sebagai respon kurang tidur;

9. Gelisah, khawatir, atau takut tentang tidur.

Adapun tanaman obat atau herbal yang dapat menaklukan insomnia antara lain:
1. Valeriana officinalis
2. Ziziphus acidojujuba
3. Zizyphus jujuba
4. Arillus longan
5. Schisandrae fructus
6. Pinelliae rhizoma
7. Polygonum multiflorum
8. Ganoderma lucidum
9. Ganoderma sinense

Sedikit tips untuk mengatasi insomnia, seperti:
1. Menciptakan lingkungan yang nyaman (suhu, tingkat kebisingan, pencahayaan).
2. Penjadwalan (membuat dan menepati jadwal tidur-bangun).
3. Terapi stimulus-control.
4. Terapi relaksasi.
5. Terapi pembatasan tidur (sleep-restriction therapy).
6. Berolahraga teratur setiap hari (regular daytime exercise).
7. Menghindari kafein, tembakau, dan alkohol. Hindari minum kopi 3-4 jam sebelum tidur malam.
8. Menghindari makan besar di malam hari.

Sumber: http://m.detik.com/
http://herbaten.com/ (Toko Herbal Berkualitas Harga Murah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: